DIGITAL MARKETING ( DM )
Digital Marketing ( DM )
Apa Itu Digital Marketing (DM)?
Digital
marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi
sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah
untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu,
penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak
heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.
Akibatnya, perusahaan saling
berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya
di dunia maya.
Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli
Tentunya para ahli dalam digital
marketing memiliki definisi masing-masing. Adapun pengertian DM
menurut para ahli adalah sebagai berikut.
1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran
termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai
contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords,
dan berbagai macam jaringan media sosial.
2. Kleindl dan Burrow (2005)
Digital marketing adalah suatu proses perencanaan
dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara
sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang
saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.
3. Heidrick & Struggles (2009)
Digital marketing menggunakan perkembangan dunia
digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara
langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Kelebihan Digital Marketing
Banyaknya digital marketing yang
dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa DM memiliki banyak
kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Berikut beberapa kelebihan dari DM
dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
1. Kecepatan Penyebaran
Strategi pemasaran dengan
menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam
hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan
tepat.
2. Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media online,
hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti
berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda,
berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah
mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan
evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk
periode berikutnya.
3. Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan
geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau
produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan
internet.
4. Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran
tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan
efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut
menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga
menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti
lebih efektif.
5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan
baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda
sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum
membeli produk Anda.
Jenis Digital Marketing
1. Website
Website sangat berperan dalam menunjukkan
profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi
yang hemat dan media bisnis yang mudah.
2. Search Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan
mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi
atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM
berbayar tetapi lebih cepat.
3. Social Media Marketing
Edarkan platform di
media sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan
biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
4. Online Advertising
Media promosi melalui internet dengan
berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun
terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
5. Email Marketing
Anda dapat memberitahu informasi terbaru
mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
6. Video Marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung
menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya
serta menampilkan testimonial pelanggan.
Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing ?
Setelah mengetahui beberapa konsep dasar
dari digital marketing, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?
Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang
perlu Anda siapkan.
·
Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa
alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website,
akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog,
jejak online (review, feedback dari
pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu
ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
·
Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable.
Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus
menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
·
Ketiga, Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap
unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana
yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang
memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
·
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan
forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena
akan berpengaruh terhadap citra brand.
Strategi Digital Marketing
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi
sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk
menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari.
Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan
indografis.
2. Content Marketing
Merencanakan, membuat serta membagikan
konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis
dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam
bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book,
indografis serta brosur online.
3. Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik
otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan,
susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan
di kanal digital seperti email dan media sosial.
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke
situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar
lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya
setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.
5. Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang ditampilkan
dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya.
Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait.
Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.
6. Affiliate Marketing
Anda bermitra dengan layanan atau situs
orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke
bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.
7. Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan
konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger.
Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan
tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk
mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian
yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.
Berapa Anggaran Digital Marketing?
Mahal atau tidaknya digital
marketing tergantung dengan tipe DM yang digunakan oleh perusahaan
Anda. Jika digital marketing seperti SEO serta konten tentu
saja tidak menghabiskan banyak anggaran. Akan tetapi, jika digital
marketing seperti brosur online serta email tentu
saja memerlukan biaya-biaya tertentu.
Setelah mengetahui tentang digital
marketing, untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis Anda tentu juga harus
didukung perencanaan keuangan yang baik. Melakukan penghitungan, pelaporan, dan
analisa keuangan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi
pemasaran.
Oleh karena itu, dengan bantuan software akuntansi
yang terpercaya, Anda bisa menyusun laporan keuangan secara mudah dan akurat.
Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan yaitu
Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online dengan
berbagai macam fitur yang memudahkan proses akuntansi, mulai dari membuat
laporan keuangan, menghitung biaya, mengelola stok dan pelaporan pajak menjadi
lebih mudah.
Comments
Post a Comment