STRATEGI PEMASARAN
Definisi Strategi Pemasaran
Secara
sederhana Strategi pemasaran (strategi marketing)
adalah proses untuk mengarahkan dan menciptakan standar produk tertentu dalam
kehidupan masyarakat. Contohnya adalah munculnya produk Apple yaitu Iphone
kemudian menjadi standar baru untuk smartphone kelas premium.
Strategi pemasaran
memiliki tujuan diantaranya:
2.
Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
Fungsi Strategi Pemasaran
- Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke
depan
- Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang
akan dicapai
Dengan
strategi pemasaran, para pelaku usaha dapat terbantu untuk merinci tujuan yang
ingin perusahaan capai. Baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.
- Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif
atas standard prestasi kerja
Pengawasan
kegiatan anggota tim lebih di perhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas
semakin terjamin.
Itu tadi
adalah pembahasan tentang Tujuan
dan Fungsi Strategi Pemasaran. Semoga cukup bisa membantu Anda untuk
peningkatan mutu serta kinerja perusahaan.
apa saja
yang menjadi prinsip pemasaran yang banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis
untuk dapat mendongkrak penjualan produknya?
1. Membangun brand produk terlebih dahulu sebelum
Anda akan menjualnya.
Dalam
memasarkan sebuah produk, tidak jarang bagi para pelaku bisnis secara langsung
melemparkannya ke pasar tanpa memperhatikan tentang brand dari produk terlebih
dahulu. Padahal sebenarnya, tentang pemakaian brand (merek) sebenarnya sangat
penting bagaimana dalam memasarkan sebuah produk. Tanpa adanya reputasi atau
pencitraan yang baik, bisa dipastikan apabila para pelaku bisnis akan semakin
kesulitan dalam memasarkan produk-produknya. Karena, konsumen masih belum
mengenal tentang brand Anda dan masih belum merasa yakin dengan kualitas dari
produk yang Anda tawarkan.
2. Mengenal target-target potensial terlebih dahulu.
Sebagai
seorang pelaku bisnis yang memperoleh hasil dari pasar, tentunya Anda harus
jeli dan teliti dalam mengenali target-target (para calon konsumen) yang nanti
akan Anda bidik. Hal seperti ini sangatlah penting, agar Anda tidak sampai
menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk menawarkan sebuah produk
terhadap mereka yang bukan termasuk target pasar Anda. Contohnya saja apabila
Anda hendak memasarkan mainan anak, maka sebelumnya Anda harus benar-benar
paham tentang siapa saja target pasar yang nanti bisa Anda bidik untuk
mendatangkan penjualan.
3. Membuat jadwal untuk promosi.
Kesuksesan
dari strategi pemasaran tidak dapat diraih hanya dalam waktu sehari atau dua
hari saja. Dibutuhkan perencanaan yang benar-benar matang serta komitmen yang
besar dari para pengusaha untuk dapat memasarkan produknya dengan maksimal.
Karena itulah, para pengusaha akan dituntut untuk membuat perencanaan pemasaran
(jadwal berpromosi) yang mungkin bisa berjalan secara rutin setiap harinya.
Misalnya saja harus dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan presentasi,
membuat jadwal harian berpromosi online maupun offline, melakukan follow up
para calon konsumen setiap minggunya, memperluas networking secara rutin, dan
lain sebagainya.
4. Jangan pernah memaksakan para konsumen Anda.
Meskipun
Anda ingin sekali memenuhi target pasar yang sudah ditentukan, namun jangan
pernah memaksa para calon konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Perlakukanlah para konsumen seperti Anda ingin diperlakukan oleh orang lain,
dan janganlah sekali-kali memohon agar para konsumen membeli produk Anda secara
berlebihan, karena strategi tersebut bisa saja akan semakin merusak nama baik
perusahaan Anda dan hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi para calon
konsumen Anda.
5. Jadilah solusi yang jelas bagi permasalahan para
konsumen Anda.
Pada
dasarnya setiap konsumen tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang Anda
tawarkan sebarai seorang pelaku pasar. Namun mereka sangat membutuhkan sebuah
solusi bagaimana untuk menyelesaikan segala permasalahan yang sedang mereka
hadapi. Karena itulah, sebaiknya Anda harus menjadi problem solver bagi setiap
konsumen Anda dan berikanlah pelayanan prima bagi mereka yang membutuhkan
produk Anda. Contoh sederhananya adalah bisa kita lihat dari
kebiasaan-kebiasaan dari para ibu rumah tangga yang seringkali mencari-cari
produk deterjen berkualitas unggul untuk dapat membantu mereka dalam
menghilangkan noda-noda pada pakaian kotor.
Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen
yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk
mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian
proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan
rencana pemasaran.
Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari
penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk,
komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan
konsumen secara cepat.
Kesimpulan, Strategi
pemasaran dalam meningkatkan loyalitas konsumen bakpia dengan menggunakan
strategi marketing mix, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi
promosi, dan strategi distribusi/penyaluran. Strategi tersebut saling berkaitan
dan mendukung perkembangan bisnis bakpia sampai saat ini dengan tidak
mengesampingkan kemaslahatan bersama
Comments
Post a Comment