Memperkenalkan Apa itu “Business Model Canvas”
Memperkenalkan Apa
itu “Business Model Canvas”
Suatu model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah
organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai baik itu
ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya.
Mengenal Bisnis Model Canvas
Business Model Canvas ini terdiri dari 9 pilar utama yang
merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan, segmen pelanggan, hingga
struktur finansial. Dengan kesembilan blok ini, sebenarnya kita sudah bisa
memvalidasi apakah satu ide bisnis itu potensial atau tidak.
Oleh karenanya, membuat bisnis model canvas adalah hal
paling awal yang biasanya dibutuhkan seorang pengusaha pemula.
Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memahami secara
mendalam setiap elemen dari BMC. Berikut deskripsi dan panduan mengisi secara
mudah kesembilan blok yang ada dalam bisnis model canvas.
1.
Customer segments
Bagian ini akan menjelaskan siapa pelanggan potensial dari
produk Anda. Bisa juga berisi profil orang yang memiliki masalah yang akan
dipecahkan oleh bisnis Anda. Untuk model bisnis ecommerce yang berkembang
sekarang ini, customer segment mencakup si penjual barang dan pembeli. Untuk
lebih jelas mengenali siapa segmentasi pelanggan Anda, ada baiknya kamu juga
mempelajari apa itu buyer persona.
2.
Value Propositions
Blok ini berisi tentang nilai tambah yang akan membuat
bisnis Anda terlihat menarik dan berbeda dengan bisnis lainnya. Biasanya berupa
solusi atau inovasi yang Anda tawarkan dan menjadi keunggulan utama perusahaan.
3.
Channel
Sederhananya, channel adalah media yang bisnis Anda gunakan
untuk men-deliver solusi yang kamu tawarkan untuk sampai ke konsumen. Channel ini
bisa berupa website, online advertisement, aplikasi, bahkan seorang sales
person. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai channel marketing di era modern,
kamu bisa simak dalam tulisan strategi marketing era digital.
4.
Customer Relationships
Jika channel lebih banyak menjangkau orang yang belum tahu
produk Anda, maka customer relationship adalah kebalikannya. Kamu harus tahu
bagaimana cara bisnis Anda bisa terus keep in touch dengan para pelanggan.
Bentuknya pun bisa sangat beragam, mulai dari newsletter, layanan after sales,
dan sejenisnya.
5.
Revenue Streams
Pada kedua blok bagian bawah (cost & revenue), kamu
perlu menjabarkan struktur finansial dari perusahaan. Di bagian revenue, tentu
yang perlu kamu tuliskan adalah produk/jasa apa saja yang dapat memberikan
pemasukan.
6.
Key Activities
Blok ini adalah bagian yang menjelaskan bagaimana kamu bisa
menciptakan value preposition perusahaan. Jika bisnis kamu adalah
product-based, maka inovasi teknologi dalam proses pembuatan produk bisa
menjadi key activities.
7.
Key Resources
Sumber daya utama, key resources merupakan kolom yang akan
menjelaskan asset strategis perusahaan. Aset ini bisa berupa bahan baku produk,
infrastruktur yang dibutuhkan dan semacamnya.
8.
Key Partnerships
Tidak ada bisnis besar yang berjalan sendiri, dalam
menjalankan sebuah aktivitas bisnis, tentu kita membutuhkan mitra. Disinilah
tempat kita memasukkan mitra strategis yang kita miliki. Dalam konteks bisnis,
mitra bisa berupa supplier, vendor, agensi, dan sejenisnya.
9.
Cost
Structure
Pada bagian terakhir ini, kita harus menentukan biaya apa
saja yang dibutuhkan untuk menjalankan keseluruhan aktivitas bisnis. Untuk
mempermudah,struktur biaya dapat diisi berdasarkan isian pada kolom key
activities, key resources, dan channel.
Tujuan Pembuatan Business Model Canvas
Pembuatan Business Model Canvas bertujuan
untuk membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan
serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti; sumber daya, aktivitas,
hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran
yang harus dikeluarkan.
Dan Kegunaan dari Business
Model Canvas (BMC) :
·
Meningkatkan fokus perusahaan terhadap poin penting
perencanaan bisnis
·
Mempersingkat penulisan perencanaan bisnis
·
Mengurangi resiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis
Contoh Bisnis Model Canvas Bisnis
Makanan
Berikut contoh BMC dari rencana bisnis wirausaha sosial
Strawberry24. Usaha Strawberry24 bertujuan untuk memproduksi makanan sehat
berbahan dasar buah strawberry segar. Berikut model bisnis canvasnya.
Comments
Post a Comment